Pengertian Terlengkap Tentang NAT (Network Address Translation)

logo

Assalamualaikum wr.wb

   Kali ini Berbagi kalau Mood akan berbagi ilmu tentang jaringan, dalam hal ini kaitannya dengan NAT. Berbicara soal jaringan pasti tidak lepas dari yang namanya internet, Internet merupakan sebuah jaringan yang menghubungkan seluruh pengguna komputer di seluruh dunia. Nah untuk menghubungkan tiap – tiap komputer di dunia dipermudah dengan adanya suatu alamat komputer yang disebut dengan IP Address.
Baca juga : Cara Mudah Melihat IP Address Komputer / Laptop 
   Seperti yang telah kita ketahui bahwa satu IP Address hanya dapat digunakan oleh satu komputer, dengan kata lain tidak diperbolehkan menggunakan IP address yang sama dalam suatu jaringan yang mengakibatkan terjadinya IP conflict. Jadi kalian bisa hitung berapa ip adress pengguna komputer di dunia ini, jumlah tersebut tidak sebanding dengan banyaknya pengguna yang akan terhubung dengan internet. Untuk mengatasi masalah tersebut muncul lah Protokol bernama NAT.
Apa yang dimaksud dengan NAT, dan seperti apa fungsinya?

   NAT (Network Address Translation) adalah suatu cara untuk menghubungkan lebih dari satu komputer ke jaringan internet dengan menggunakan IP Public, atau menerjemahkan IP Private ke IP Public supaya bisa terhubung ke jaringan internet.
   NAT (Network Address Translation) pada jaringan komputer berfungsi untuk memudahkan setiap komputer agar dapat mengakses internet dengan mudah terutama pada jaringan lokal (LAN) dengan cara mentranslasikan alamat IP public ke alamat IP private atau sebaliknya.

Kita ketahui bahwa alamat IP Public semakin lama semakin menipis, penggunaan NAT dalam suatu jaringan dirasa efektif dan efisien dalam hal mengalokasikan alamat IP.

   Sekarang sudah tau apa itu NAT dan fungsinya tapi sudah tahukah kalian ada berapa tipe atau jenis NAT? seperti halnya IP Address, NAT ada 2 jenis yaitu Static atau Statis dan Dynamic atau Dinamis. Lalu apa itu NAT Statis dan NAT Dinamis??
1
   NAT Statis adalah translasi sejumlah IP address yang tidak terdaftar menjadi IP address yang terdaftar, sehingga setiap client yang tidak terdaftar tersebut ikut masuk ke dalam ip address terdaftar dan dalam jumlah rata atau sama. NAT jenis ini merupakan pemborosan IP address terdaftar, karena apa?? Sudah dijelaskan sebelumnya hehe.
2
   NAT Dinamis adalah perumpamaan sebuah IP address terdaftar yang lebih sedikit dari jumlah IP address un-registered atau tidak terdaftar. NAT Dinamis mentranslasikan setiap komputer dengan IP unregistered atau tidak terdaftar ke IP address terdaftar agar bisa connect ke internet. NAT dinamis ini berfungsi untuk meneruskan paket IP public yang melewati firewall menuju suatu host dalam jaringan. DNAT ini hanya bekerja pada tabel NAT yang berisi 3 bagian yang disebut dengan CHAIN, meliputi Prerouting, Postrouting dan Output.

Kelebihan dan Kelemahan NAT

   Segala sesuatu di dunia ini pasti memiliki kelebihan dan kelemahan, tidak terkecuali NAT ini. Meskipun terbilang efektif dan efisien dalam penggunaan dalam suatu jaringan nyatanya ada juga beberapa kelemahannya, Berikut adalah kelebihan dan kelemahan menggunakan NAT pada jaringan :
Kelebihan NAT
  • Dengan adanya NAT dapat mengurangi IP Conflict (duplikat ip) pada suatu jaringan.
  • Pada saat jaringan berubah, dengan adanya NAT akan terhindar dari re-addressing.
  • Menghemat IP Legal yang diberikan ISP.
  • Meningkatkan fleksibilitas koneksi jaringan.
Kelemahan NAT
  • Karena data yang dikirim sebelumnya harus melalui perangkat NAT terlebih dahulu, hal ini menyebabkan keterlambatan proses.
  • NAT dapat menyebabkan beberapa aplikasi tidak berjalan dengan semestinya / abnormal atau bahkan tidak bisa dijalankan.
  • NAT dapat mengakibatkan hilangnya kemampuan melacak data, karena data tersebut mau tidak mau harus melewati firewall.
   Ya, itu tadi pemaparan mimin mengenai pengertian NAT secara lengkap serta fungsi, macam dan juga kelebihan dan kelemahannya, yang mimin harapkan bermanfaat buat kita semua, jangan lupa tinggalkan jejak dengan berkomentar sopan dan wajib share jika menurut kalian artikel ini menarik untuk dibaca 😊 sekian

Wassalamualaikum wr.wb

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Pengertian Terlengkap Tentang NAT (Network Address Translation)"

  1. This blog was... how do I say it? Relevant!! Finally I have found something that helped me. Appreciate it! paypal login my account

    ReplyDelete

Rule Comments :

1. Komentar relevan (Sesuai dengan Topik).
2. Dilarang copas Artikel tanpa izin, hargai Penulis.
3. Dilarang spam.
4. Tidak boleh menaruh link, hidup ataupun mati.

Udah baca kan, Laksanakan ya sob :)